• Daun-daun Yang Berkhasiat


    1. Daun sirsak
    Tanaman sirsak (Annona muricata), berdasarkan penelitian Health Sciences Institute, Amerika Serikat, sejak 1976, yang diungkapkan pada awal 2000, dikabarkan mempunyai khasiat hebat untuk membunuh sel kanker prostat, pankreas, dan paru-paru. Namun sebuah perusahaan di AS yang berhasil membuktikan hasil penelitian tersebut dan mengembangkannya tidak bersedia membuka lebar-lebar hasil penelitiannya kepada publik.
    Selain menyembuhkan kanker, buah sirsak berfungsi sebagai antibakteri, antijamur, dan efektif melawan berbagai jenis parasit atau cacing. Sirsak juga efektif menurunkan tekanan darah tinggi, depresi, stres, dan menormalkan kembali sistem saraf yang terganggu.
    Di Indonesia, yang dikenal sebagai gudangnya tanaman herbal, juga telah lama mengenal sirsak sebagai obat alami. Untuk mendapatkan khasiat dari ramuan sirsak, pasien harus berdisiplin mengkonsumsinya selama 3-4 minggu. Untuk pengobatan kanker dibutuhkan 5-15 lembar daun sirsak. Direbus dengan lima gelas air hingga tinggal menjadi 1,5 gelas. Diminum sehari tiga kali. "Saat merebus harus menggunakan api kecil selama 1-2 jam agar zat aktifnya tak rusak," kata Stephanus.

    2. Kayu manis (Cinnamomum burmannii)
    Cita rasa pedas, sedikit manis, hangat, dan wangi.
    Tanaman ini bermanfaat menurunkan kadar gula darah. Secara umum dikenal sebagai rempah untuk menguatkan cita rasa masakan dan minuman. Tapi ternyata kayu manis tak hanya nikmat sebagai penyedap. Sebab, bahan ini ternyata juga bermanfaat menurunkan kadar gula darah. Kayu manis mempunyai kandungan senyawa, seperti minyak atsiri eugenol, safrole, sinamaldehyde, tanin, kalsium oksalat, damar, dan penyamak.
    Salah satu senyawa dalam kayu manis bermanfaat mengaktifkan senyawa di pankreas dengan mengaktifkan sel beta dipankreas, yang bisa berfungsi menghasilkan insulin. Pola ini tentu berbeda dengan obat-obatan diabetes pada umumnya, yang bekerja langsung dengan menurunkan kadar gula darah. Tapi ternyata bukan hanya masalah kadar gula darah yang bisa ditundukkan oleh kayu manis. Masih ada kanker hati serta penurunan kadar lemak dan kolesterol yang bisa diatasi oleh si kayu manis.

    3. Tapak dara (Catharanthus roseus L. G. Don)
    Terdapat lebih dari 70 macam alkaloid pada seluruh bagian tanaman tapak dara. Dalam tanaman tapak dara juga terdapat alkaloid antikanker. Semua bagian tanaman tapak dara bisa digunakan untuk membuat ramuan obat. Jenis bunga yang biasa digunakan adalah bunga putih. Tapak dara yang berbunga merah jarang dimanfaatkan. Namun bunga merahnya biasa digunakan untuk menghentikan perdarahan, diabetes, hipertensi, leukemia, luka baru, bisul, atau bengkak-bengkak.

    4. Jintan hitam (Nigella sativa L.)
    Orang Jawa mengenalnya dengan sebutan temu ireng. Orang Arab menyebutnya habbatus sauda (biji yang menyenangkan) atau habbatul baraka (biji yang membawa berkah). Sejak berabad-abad lalu, orang-orang Asia, Timur Tengah, dan Afrika menggunakan tanaman ini untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan, saluran pencernaan, gangguan lambung dan lever, diabetes melitus, flu, diare, hipertensi, serta untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jintan hitam yang kaya nutrisi mendukung kekebalan tubuh, termasuk kandungan interferon, yang mampu membantu penyembuhan kanker.
    Komposisi ramuannya adalah mencampurkan jintan hitam dengan bahan herbal lainnya. Yakni, 2-3 gram biji jintan hitam ditambah daun sambiloto, temulawak, kunyit, temu putih, temu mangga, ciplukan, dan meniran, yang masing-masing berjumlah 10 gram.

    5. Daun saga
    Daun Saga dikenal sebagai lawan untuk penyakit sariawan atau Astomatitis apthosa. Sariawan adalah peradangan yang terjadi di daerah mulut, berupa bercak putih kekuningan berbentuk cekung.
    Selain sariawan, tanaman rambat ini bermanfaat sebagai antiparasit, antiradang, meredakan batuk dan panas dalam, melancarkan peredaran darah, sakit tenggorokan, serak dan amandel, bronchitis, bercak putih di kulit, trachoma, panas dalam, serta radang kulit bernanah. Mengobati infeksi jamur, scabies, radang kulit bernanah dengan menggunakan biji saga secukupnya. Biji ditumbuk halus, lalu dicampur sedikit minyak. Setelah itu dioleskan ke bagian tubuh yang sakit.
    Untuk mengusir sariawan, daun saga biasanya dipasangkan dengan daun sirih, tapi bisa juga tanpa daun sirih. Daun saga bisa dikunyah karena rasanya manis. Selain dikunyah, bisa dibuat ramuan untuk berkumur-kumur. Akar dan batang digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan dan hepatitis
    6. Daun Pepaya
    Daun pepaya ternyata memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Jangan salah paham dibalik rasa pahitnya ternyata menyimpan khasiat yang begitu banyak. Dan apa sajakah itu? Kita tahu kalau buah pepaya juga bagus untuk tubuh, namun daunnya juga tidak boleh diremehkan.

    1. Sebagai Obat jerawat.
    Bagi kamu yang merasa tidak pede mempunyai wajah berjerawat. Terutama bagi wanita yang selalu memperhatikan kecantikan. Daun pepaya dapat mengobatinya yaitu dengan membuatnya menjadi masker.

    Cara membuat maskernya : ambil 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua.Kemudian jemur dan tumbuk sampai halus. Tambahkan satu setenagh sendok air, baru deh dapat di manfaatkan untuk muka penuh jerawatmu.
    2. Manfaat Memperlancar pencernaan
    Daun dari tumbuhan pepaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain. Zat itu dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.

    3. Menambah nafsu makan
    Manfaat ini terutama untuk anak-anak yang sulit untuk makan. Ambil daun pepaya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan. Kalau sudah ketemu tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir. Campur semua lalu diblender. Kemudian saring airnya, nah air itulah yang dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan.

    4. Demam berdarah
    Siapa sangka kalau pepaya juga dapat untuk menyembuhkan demam berdarah. Coba ambil 5 lembar daun. Tambahkan setengah liter air lalu direbus. Ambil air tersebut jika sudah tertinggal tiperempatnya saja. Bintang sendiri belum pernah membuktikannya, jadi jika keadaan tidak membaik segera segera ke dokter (bahkan kalaupun memabaik segera bawa ke dokter). Anggap saja ini untuk pertolongan pertama!

    5. Nyeri haid
    Wanita jawa zaman dulu sering memanfaatkan daun pepaya untuk mengobati nyeri haid. Cukup Ambil 1 lembar daun saja, Tambahkan asam jawa dan garam. Lalu campur dengan segelas air dan Rebus. Dinginkan sebelum meminum ramuan pepaya tersebut.

    6.Anti kanker
    Hal ini masih belum pasti, tapi dari beberapa penelitian bahwa manfaat daun pepaya juga dapat dikembangkan sebagai anti kanker. Sebenarnya bukan hanya daunnya saja melainkan batang pepaya juga dapat digunakan. Karena kedanya memiliki milky latex (getah putih seperti susu).



    7. Daun Teh Hijau
    Mencegah kanker
    Mencegah risiko terjadinya penyakit kanker. Polyphenol yang terdapat dalam teh hijau merupakan antioksidan paling potensial. Di mana dia mencegah penyebaran dan pertumbuhan sel kanker dalam darah. Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang minum teh hijau secara berkala bisa mengurangi risiko kanker payudara, perut, usus, maupun kanker prostat.

    Perawatan kulit
    Teh ini merupakan antiseptik alami untuk mengatasi gatal dan bengkak-bengkak. Taruh sejumput teh hijau pada kulit yang mengalami radang, terbakar sinar matahari, noda kehitaman maupun di kelopak mata, dan rasakan kesejukannya.

    Melindungi kulit
    Melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari penyebab kanker kulit. Itulah sebabnya mengapa Anda melihat banyak produk-produk kecantikan seperti tabir surya atau pelembab yang terbuat dari teh hijau.

    Menstabilkan tekanan darah
    50 persen orang yang mengkonsumsi teh hijau, jarang terkena tekanan darah tinggi dibanding mereka yang tidak pernah meminumnya. Ternyata polyphenols-lah yang berjasa sekali lagi. Mereka mampu menjaga pembuluh darah agar tidak mengecil dan peningkatan tekanan. Teh hijau juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah terjadinya stroke.

    Menjaga daya ingat
    Teh hijau ternyata bisa menjaga penurunan fungsi otak. Mereka yang minum dua gelas sehari terhindar dari masalah kognitif dibanding mereka yang jarang meminumnya. Teh ini mengandung antioksidan tinggi yang bisa melawan radikal bebas yang menyerang otak, penyebab penyakit Alzheimer dan Parkinson.

    Awet Muda
    Semakin sehat arteri, semakin terlihat muda dan sehat Anda yang mengkonsumsinya. Setidaknya 10 ons teh hijau yang dikonsumsi setiap hari, bisa mengabsorbsi arteri dari kelebihan lemak dan kolesterol.

    Menurunkan berat badan
    Minum teh hijau bisa membantu proses pembakaran kalori sehingga dapat menurunkan berat badan.



    8.  DAUN BINAHONG
    MANFAAT DAUN BINAHONG:
    A. Kategori Penyakit berat :
    o Batuk/muntah darah : 10 lembar daun diminum setiap hari
    o Paru-paru/bolong : 10 lembar daun diminum setiap hari
    o Kencing manis : 11 lembar daun diminum setiap hari
    o Sesak nafas : 7 lembar daun diminum setiap hari
    o Borok akut(menahun) : 12 lembar daun diminum setiap hari
    o Patah tulang : 10-20 lb daun diminum setiap hari
    o Darah rendah : 8 lembar daun diminum setiap hari
    o Radang ginjal : 7 lembar daun diminum setiap hari
    o Gatal-gatal /eksim kulit : 10-15 lb daun diminum setiap hari
    o Gegar otak ringan/berat : 10 lembar daun diminum setiap hari.

    B. Kategori Penyakit Ringan
    o Disentri/buang air besar : 10 lembar daun diminum setiap hari
    o Ambeyen berdarah : 16 lembar daun diminum setiap hari
    o Hidung mimisan : 4 lembar daun diminum setiap hari
    o Habis bedah/operasi : 20 lembar daun diminum setiap hari
    o Luka bakar : 10 lembar daun diminum setiap hari
    o Kecelakaan/benda tajam : 10 lembar daun diminum setiap hari
    o Jerawat : 8 lembar daun diminum setiap hari
    o Usus bengkak : 3 lembar daun diminum setiap hari
    o Gusi berdarah : 4 lembar daun diminum setiap hari
    o Kurang nafsu makan : 5 lembar daun diminum setiap hari
    o Kelancaran haid : 3 lembar daun diminum setiap hari
    o Habis bersalin/melahirkan : 7 lembar daun diminum setiap hari
    o Menjaga stamina tubuh : 1 lembar daun diminum setiap hari
    o Penghangat badan : 5 lembar daun diminum setiap hari
    o Lemah syahwat : 3-10 lb daun diminum setiap hari.

    9. DAUN MINT :
    MANFAAT DAUN MINT:
    1. Membuat keinginan makan menurun
    2. Menyembuhkan luka / Luka bakar
    3. Scrub kaki
    4. Menyegarkan kulit kepala
    5. Menghilangkan Ketombe
    6. Pereda sakit perut / Mual-maual


    10. DAUN KAYU PUTIH :
    MANFAAT DAUN KAYU PUTIH:
    • Anti Septic dan Bakteri
    • Insektisida dan Vermifuge
    • Decongestant dan Expetorant
    • Kosmetik dan Tonik
    • Perangsang dan Sudororific
    • Analgesik
    • Panas / Demam
    • Anti Sakit Saraf
    • Masuk Angin


    11.DAUN TERATAI :
    MANFAAT DAUN TERATAI 
    1. Batuk darah dan muntah darah
    2. Muntah dan diare
    3. Pencegah penuaan pada kulit
    4. Tifus
    5. Panas dalam
    6. gondongan
    7. Sakit jantung
    8. Lever.

    12.DAUN SALAM :
    MANFAAT DAUN SALAM:
    1. Diare
    2. Kencing manis
    3. Menurunkan kadar kolesterol tinggi
    4. Menurunkan tekanan darah tinggi
    5. Maag
    6. Mabuk alkohol
    7. Kudis, gatal-gatal



    13.Daun SIRSAK :
    MANFAAT DAUN SIRSAK:
    PEMBUNUH SEL KANKER NO 1
    1. Rebus 10 buah daun sirsak yang sudah tua (warna hijau tua) ke dalam 3 gelas air dan direbus terus hingga menguap dan air tinggal 1 gelas saja.

    2. Air yang tinggal 1 gelas diminumkan ke penderita setiap 2 kali sehari.

    Setelah minum, efeknya badan terasa panas, mirip dengan efek kemoterapi. Dalam waktu 2-4 minggu, hasilnya bisa dicek ke dokter. Daun sirsak ini sifatnya seperti kemoterapi, bahkan lebih kuat lagi karena daun sirsak hanya membunuh sel-sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel-sel yang tumbuh normal.

    14.Daun LIDAH BUAYA :
    MANFAAT DAUN LIDAH BUAYA:
    1. Radang tenggorokan
    2. Ambeien
    3. Sembelit
    4. Diabetes melitus
    5. Penurun kadar gula darah
    6. Penyubur rambut
    7. Batuk (yang membandel)


    15.Daun sirih :
    MANFAAT DAUN SIRIH:
    1. Mimisan
    2. Diare
    3. Sakit gigi
    4. Alergi
    5. Pengobatan luka Bakar
    6. Bronkhitis
    7. Merawat vitalitas wanita
    8. Ambien
    9. Menetralisir Bisa Ular & Bisa KalaJengking


0 komentar:

Posting Komentar